Senin, Maret 12, 2018

Daftar Negara Yang Memblokir Facebook


Facebook merupakan salah satu Jejaring Sosial yang sangat populer hingga kini, terbukti dengan jumlah penggunanya yang saat ini mencapai 1,2 milar lebih. Akan tetapi, masih banyak Kepala Negara yang melarang penggunaan jejaring sosial ini di wilayahnya. Alasannya beragam, ada yang bertujuan agar warganya terhindar dari hiruk pikuk politik praktis, adu domba, kejahatan, dan tindak kriminal lainnya.

Ilustrasi-Facebook

Mungkin agak sulit di percaya, melihat fakta bahwa penggunaan internet telah mendunia. Bahkan riset mengatakan, sebagian besar orang menggunakan internet untuk berinteraksi dengan sesama, melalui sosial media.

Lalu Negara mana sajakah yang melarang penggunaan Facebook ? 


  • China


Gambaran-negeri-china

Salah satu negara terbesar di Asia itu sengaja melarang warganya untuk menggunakan jejaring sosial Facebook, lantaran pemerintah China ingin warganya menggunakan aplikasi media sosial lokal seperti Webo dan Tencent. Terbukti, rata-rata warga di China hanya menggunakan dua media sosial lokal tersebut.

(Baca Juga : Cara Membuat Facebook dengan Email)


  • Vietnam


Gambaran-negeri-Vietnam

Vietnam diketahui juga membatasi penggunaan jejaring sosial oleh warga negaranya. Negara ini melarang warga negaranya untuk berbagi berita melalui jejaring sosial. Vietnam dilaporkan juga akan segera melarang semua layanan aplikasi chatting yang mendunia, seperti Line dan WhatsApp di negaranya.

  • Korea Utara


Gambaran-negeri-korea-utara

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un yang terkenal otoriter juga melarang warganya untuk menggunakan jejaring sosial. Tidak hanya itu, negara dengan kepemimpinan model dinasti ini membatasi penggunaan internet. Artinya penduduk tidak serta merta dapat menggunakan akses internet secara bebas.

  • Bangladesh 


Gambaran-negeri-Bangladesh

Bangladesh juga menjadi negara yang melarang salah satu jejaring sosial paling besar saat ini yaitu Facebook. Pelarangan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini merupakan protes Bangladesh atas terunggahnya foto karikatur Nabi Muhammad di halaman jejaring sosial tersebut.

(Baca Juga : Cara Mengubah Bentuk huruf di Facebook)

  • Kongo


Gambaran-negeri-Kongo

Pemerintah Republik Demokratik Kongo juga melarang warga negaranya untuk menggunakan jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Tujuannya untuk mengatasi konflik internal dalam negari. Kongo merupakan salah satu negara penuh konflik di Afrika Tengah. Bahkan Kongo juga melarang warganya untuk menggunakan aplikasi Short Message Service alias SMS.

  • Saudi Arabia


Gambaran-negeri-Saudi-arabia

Negara yang mayoritas warganya memeluk agam Islam ini tidak hanya melarang namun juga menentang kehaidran media sosial di negaranya. Pemerintah Arab Saudi telah meblokirjejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Viber, Skype, dan lain sebagainya. Bahkan dikabarkan Arab Saudi juga melarang warganya menggunakan aplikasi mendunia layaknya Whatsaap dan BBM.

(Baca Juga : Kumpulan Trik Sosial Media)

  • Pakistan


Gambaran-negeri-Pakistan


Sebagaimana Bangladesh, Pakistan langsung memblokir jejaring sosial Facebook sejak adanya seruan untuk mengikuti lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad di salah satu laman Facebook. Tidak hanya itu, pemerintah juga melarang warganya untuk menggunakan media sosial lainnya setelah kejadian tersebut.

(Baca Juga : Cara Membuat status facebook banyak yang like)

  • Tajikistan


Gambaran-negeri-Tajikistan


Republik Tajikistan adalah sebuah negara sempalan Uni Soviet di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afganistan di bagian selatan. Dikabarkan, Departemen Telekomunikasi Tajikistan telah memblokir jejaring sosial Facebook. Situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu juga mendata telah kehilangan sebanyak 41.000 penggunanya di Tajikistan.

Akhir kata


Negara yang sengaja memblokir penggunaan jejaring sosial mempunyai alasan tersendiri, intinya jangan berlebihan dalam menggunakan internet, gunakan secara bijak dan positif agar lebih bermanfaat bagi diri kita juga pengguna internet lain.

Itulah rangkuman lengkap dari beberapa negara yang melarang penggunaan facebook Versi Jalur Pandai, jika anda mempunyai saran lain, silahkan cantumkan di kolom komentar.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi