Senin, Maret 26, 2018

Tips dan Kriteria Produk Bisnis Online Paling Laku



Tips dan Kriteria Produk Bisnis Online Paling Laku - Dalam Bisnis Online, rata-rata orang terjun ke Bisnis Online bertujuan untuk berjualan, mereka para penjual online,juga dituntut untuk bisa menganalisa produk yang akan mereka jual, apakah sudah sesuai kriteria, mulai dari kualitas, harga, dan peluang pasar, tidak hanya itu mereka juga harus bisa menganalisa apakah nantinya produk yang mereka pasarkan secara online bisa laku atau tidak.

Kita bahas sedikit tentang Bisnis Online, dijaman yang sudah serba modern ini, ramai-ramai orang beralih ke sektor Bisnis Online, dikarenakan prospek kedepannya untuk bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Banyak sekali kelebihan Bisnis Online dibandingkan dengan Bisnis Real / Bisnis Offline, seperti.

  • Tidak memerlukan tempat seperti ruko dan sebagainya.
  • Bisa dikerjakan dimana saja.
  • Jangkauan yang sangat luas, tidak hanya dalam negeri, bahkan bisa juga hingga luar negeri.
  • Dan masih banyak lagi kelebihannya.
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa banyak sekali kelebihan jika menjalankan bisnis secara online, tapi bukan berarti dengan banyaknya kelebihan, semua bisnis online yang kita jalankan bisa berjalan dengan mulus, banyak  orang yang gagal ketika terjun ke dunia dagang online, karena susahnya barang untuk laku.

Tidak gampang loh menjual barang secara online, ada beberapa faktor mengapa barang yang kita jual tidak laku.
  1. Kurang Menarik, faktor yang pertama adalah kurang produk yang dijual kurang menarik, kurang menariknya disini bisa dari strategi pemasarannya yang kurang memikat, atau bisa juga barang yang anda jual tidak sesuai dengan sasaran pasar anda, sehingga hal ini menjadikan produk anda kurang laku.
  2. Harga Terlalu Mahal, faktor yang kedua adalah, harga barang yang anda jual terlalu mahal, sebagai contoh anda menjual sebuah gantungan kunci, tapi anda jual dengan harga ratusan ribu, tentu barang anda akan susah laku, apalagi kalau toko online anda belum terkenal.
  3. Kurang Dipercaya, faktor yang ketiga, anda tidak dipercaya oleh calon pembeli, hal ini kembali lagi ke strategi pemasaran yang anda terapkan, anda harus bisa mendapatkan kepercayaan calon pembeli, namun sekarang ada satu solusi yang cukup ampuh, yaitu dengan metode pihak ketiga, atau rekber, anda bisa menggunakan jasa marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya untuk perantara transaksi.
  4. Barang Tidak Dibutuhkan, faktor yang ke empat adalah produk yang anda jual tidak dibutuhkan oleh target pasar anda, sebagai contoh, anda menjual produk kecantikan tapi anda tawarkan ke laki-laki, sudah tentu produk anda tidak laku.
Dari ke empat faktor diatas kita bisa mengambil kesimpulan kalau jualan online itu tidaklah mudah, banyak sekali hal yang harus kita pelajari agar bisnis yang dijalani bisa berjalan lancar.

Kriteria Produk Bisnis Online yang Laku

Diatas kita sudah membahas 4 faktor yang menyebabkan produk yang dijual tidak laku, dalam menjual sebuah produk secara online, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, jika barang dagangan kita ingin laku, berikut kriterianya.

1. Harga Murah


Ketika orang berbelanja online, hal yang paling ia lihat adalah, harga. Harga yang murah atau miring, ternyata menjadi indikator penting laku atau tidaknya suatu produk, karena rata-rata alasan mengapa mereka lebih senang belanja online adalah, harganya yang murah. Untuk itu sebisa mungkin kita memiliki produk yang murah dari harga pasaran normal, namun memiliki kualitas yang bagus.


2. Sangat Diminati Pasar


Kriteria yang kedua adalah barang tersebut sangat diminati oleh pembeli, semakin banyak peminat barang tersebut maka makin banyak kesempatan produk anda laku dipasaran online.

Sebagai contoh, saat ini jerawat menjadi permasalahan utama di kalangan masyarakat, terutama remaja, jika anda mencari di google dengan kata kunci, "Cara" maka yang paling pertama muncul adalah "Cara Menghilangkan Jerawat" dari hasil pencarian tersebut, sudah bisa kita lihat, bahwa produk yang berhubungan dengan jerawat itu merupakan produk yang paling laris manis dipasaran.

3. Produk yang Unik


Produk yang unik menjadi kriteria ketiga produk yang paling laku di pasaran, tidak hanya harga yang bersaing, rata-rata orang ingin berbelanja online dikarenakan barang yang ia cari tidak ada dipasar offline (pasar tradisional) hal ini membuat pembeli harus membeli produk tersebut secara online, maka dari itu anda harus mencari produk yang unik dan tidak ada di pasaran offline.

4. Persaingan Produk Rendah


Jika anda berjualan online di sebuah marketplace seperti, bukalapak, tokopedia dan sebagainya, maka salah satu kriteria produk yang harus anda jual adalah, produk tersebut memiliki persaingan yang rendah.

Satu contoh, disebuah marketplace, biasanya banyak sekali orang yang memasarkan satu produk dengan harga yang bervariasi, anda harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap suatu produk, jika anda lihat produk tersebut sudah banyak dijual, dan terdapat harga yang lebih murah dari biasanya, maka anda harus mencari persaingan produk yang lebih rendah.

5. Produk Musiman atau Tidak Musiman


Khususnya di Indonesia, ternyata banyak sekali produk trend musiman yang hanya bertahan sebentar, saja, dengan ada nya Trend musiman, anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjual produk.

Sebagai contoh, kemarin sempat trend produk aksesoris handphone, yaitu Tongsis yang berfungsi sebagai alat pembantu Foto Selfie, jika anda bisa melihat peluang tersebut, produk anda akan laku dipasaran karena trend tersebut sedang naik, dan masyarakat masih berantusias untuk membeli produk tersebut.

Tidak cukup sampai di produk musiman, anda juga harus menjual produk yang tidak musiman, seperti produk yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat, seperti baju, gadget dan sebagainya.

6. Biaya Ongkir yang Murah


Rata-rata kendala setiap pembeli online yang utama adalah, biaya ongkir yang terbilang cukup mahal, misal harga produk tersebut hanya 20 ribu saja, namun biaya ongkir nya bisa mencapai 2 kali lipat dari harga produk tersebut, maka dari itu saya sarankan untuk tidak menjual produk yang dibawah 100 ribu, karena pertimbangannya, ongkir harus menjadi perhitungan bagi penjual.

Itulah beberapa kriteria produk yang laku di pasaran online, tips diatas bisa menjadi referensi bagi anda, terutama penjual online, karena berbisnis online tidak lah mudah, ada hal yang harus di persiapkan sebelum anda terjun langsung ke dunia bisnis online.

Sumber: Manfaat Asuransi


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi