Kamis, April 05, 2018

Tips dan Cara Mudah Berjualan Secara Online (Online Shop)


Online Shop saat ini menjadi sebuah trend dikalangan masyarakat, banyak orang yang terjun kedunia Online Shop, dikarenakan cara berjualannya lebih simple, dan tidak perlu menyewa tempat atau ruko untuk berjualan, tidak hanya itu, dengan Online Shop atau berjualan secara Online produk anda bisa cepat laku loh, hal ini dikarenakan setiap produk yang anda pasarkan secara Online, bisa dilihat oleh semua orang bahkan bisa hingga seluruh dunia, nah menggiurkan bukan? Tapi bagaimana sih Cara Berjualan Secara Online? Baiklah saya akan membahasnya.

Berjualan Online, atau Online Shop bisa dibilang sangatlah mudah, dan metode yang digunakan pun terbilang simple, tapi walaupun terdengar mudah bukan berarti berjualan online itu tidak ada rintangannya, banyak loh orang yang terjun ke dunia Online Shop tapi tidak berlangsung lama, alias mengalami kegagalan, lalu bagaimana agar bisa sukses dalam dunia Online Shop? Nah sebelum anda terjun kedunia Dagang Online, ada baiknya anda membaca Tips dan Trik berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berjualan Online


Sebelum melangkah lebih jauh untuk terjun kedunia Jualan Online, ada baiknya Anda membaca hal-hal berikut..


1. Tentukan Barang yang Ingin Dijual

Tentukan barang apa yang ingin dijual, ada banyak sekali referensi yang bisa anda dapatkan untuk mendapatkan informasi, tentang macam-macam barang yang bisa anda jual di internet, dan pilihlah barang yang menurutmu cocok untuk anda jual dan sesuai dengan target pasarmu, karena menurut survey yang beredar, tidak semua produk offline yang dijual mendapatkan respon yang sama ketika dijual secara online, adapun berikut adalah sedikit tips, agar lebih mudah menentukan produk apa yang akan dijual.

  • Jenis Barang, Tentukan jenis barang yang akan anda jual, apakah produk yang akan anda suatu produk konsumsi, aksesoris atau barang digital? Tentukan dari sekarang.
  • Macam Produk, Sebelum anda membuka Toko Online, anda harus menentukan, apakah anda akan menjual macam-macam produk, atau hanya fokus pada satu produk tertentu saja.
  • Produksi Barang, Pastikan juga dengan ketersediaan produk anda, apakah anda sendiri yang akan memproduksi barang tersebut? Jika iya, pastikan anda mampu untuk mengimbangi permintaan pasar, namun jika anda tidak meproduksi barang sendiri, dan barang tersebut berasal dari suplier, pastikan anda mendapatkan suplier yang terpercaya dan profesional.

2. Tentukan Pasar

Jika anda sudah mendapatkan produk yang cocok untuk anda jual, maka hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah target pasar anda, contohnya, jika anda menjual produk kosmetik, dan menggunakan sosial media sebagai alat pemasaran, maka anda harus menargetkan produk anda ke orang-orang yang berminat dengan produk kosmetik, yaitu perempuan, untuk itu menentukan pasar menjadi salah satu hal yang penting, karena jika anda menjual produk dan tidak sesuai dengan target pasar yang sesuai dengan produk anda, maka sudah pasti produk anda tidak akan laku.


3. Menentukan Media Pemasaran

Menentukan produk sudah, menentukan target pasar juga sudah, oke langkah selanjutnya adalah anda harus menentukan media pemasaran yang akan anda gunakan, ada beberapa media pemasaran online yang saat ini sangat populer digunakan, yaitu menggunakan Sosial media dan Marketplace , bagaimana cara memasarkan produk menggunakan Sosial Media dan Marketplace? Sudah saya jelaskan di bawah.

4. Strategi Pemasaran atau Promosi

Promosi merupakan salah satu langkah awal untuk memperkenalkan toko yang anda bangun, anda bisa mempromosikan toko online anda di sosial media, forum atau anda juga bisa membuat website untuk mempromosikan toko online anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat promo menarik agar orang tertarik dengan produk anda, misalkan dengan diadakannya diskon atau mungkin bonus produk dalam pembelian barang dengan jumlah tertentu.

Dari ke-empat tips diatas, kini saatnya anda mulai berjualan online, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa ada beberapa media yang saat ini tengah populer untuk memasarkan produk, yaitu menggunakan Sosial Media dan Marketplace Website.

Cara Berjualan Online

Saat ini berjualan online menggunakan sosial media terbilang sangatlah menguntungkan, mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan pengguna sosial media di Indonesia sangatlah banyak, nah dari banyaknya pengguna inilah bisa kita gunakan untuk menjadi lahan bisnis, ada dua sosial media yang populer digunakan untuk berjualan Online, yaitu Instagram dan Facebook.


Cara Berjualan Menggunakan Sosial Media (Instagram dan Facebook)


1. Membuat Akun

Langkah pertama untuk berjualan menggunakan instagram adalah, membuat sebuah akun Instagram, anda bisa mendaftar di link berikut: Daftar Instagram . Pastikan anda mendaftar akun khusus untuk berjualan online, maksudnya akun tersebut jangan anda campur dengan postingan pribadi anda, hal ini juga memudahkan Anda dalam menyasar target pasar dan memposisikan toko sesuai dengan karakter dan kelebihan yang ingin ditonjolkan. Membuat akun khusus juga memudahkan untuk mengelola akun tersebut.

2. Perbanyak Follower

Jika anda sudah membuat akun khusus, maka langkah selanjutnya adalah perbanyak follower akun anda, karena jika tanpa follower, produk anda tidak akan laku karena semua foto produk yang anda posting tidak akan pernah dilihat orang.

Tidak hanya itu, dengan semakin banyak nya follower, maka akun anda akan semakin terkenal, sehingga orang yang tidak mem follow akun anda pun akan tahu toko online anda, carilah follower dengan cara mempromosikan di facebook, atau juga bisa mempromosikan dengan cara komentar di postingan orang lain.

3. Posting Foto Produk Anda

Kedua tahapan diatas sudah dilakukan? Saatnya anda memfoto produk yang akan anda jual, lalu edit semenarik mungkin, setelah itu anda posting foto produk tersebut di ke akun Instagram anda, sedikit tips, bahwa dalam memposting foto tidaklah sembarangan, anda harus bisa bagaimana memperindah dan mempercantik produk anda, agar enak dipandang orang banyak, hal ini menjadi daya tarik calon pembeli untuk membeli produk yang anda jual.

4. Promosi

Jika ketiga tahap diatas sudah dilakukan tahap terakhir adalah Promosi, anda bisa mempromosikan jualan anda melalui komentar di postingan Instagram orang lain, atau anda juga bisa mempromosikan jualan anda di Facebook, Forum, atau Sosial Media lainnya.

Adapun jika ingin berjualan menggunakan Facebook tahapannya hampir sama seperti berjualan menggunakan Instagram, anda harus membuat akun terlebih dahulu, lalu perbanyak teman, setelah itu posting foto produk anda semenarik mungkin.


Selain cara diatas, ada satu lagi media untuk berjualan online yaitu menggunakan marketplace. Saat ini berjualan menggunakan Marketplace sangat diminati oleh para penjual online, hal ini dikarenakan berjualan menggunakan media Marketplace sangatlah simple, tanpa harus pusing untuk menambah follower dan sebagainya.

Oke sebelum lanjut lebih jauh, mungkin anda para pembaca sekalian ada yang sudah tahu dan belum tahu apa itu Marketplace? Saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang marketplace, kalau menurut Wikipedia, Marketplace adalah adalah jenis situs e-commerce di mana informasi produk atau layanan disediakan oleh beberapa pihak ketiga, sedangkan transaksi diproses oleh operator pasar, masih bingung? Oke secara umum, Marketplace adalah sebuah Pasar Online, Pasar Elektronik atau Tempat untuk bertransaksi antara pembeli dan penjual Secara Online.

Sudah sedikit paham kan apa marketplace itu? Adapun banyak sekali marketplace terpercaya yang bertebaran di Internet, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID, dan masih banyak lagi, lalu bagaimana berjualan di Marketplace? Berikut caranya.

1. Membuat Akun

Sama seperti cara berjualan menggunakan Sosial media, tahap paling awal untuk berjualan Online menggunakan media Marketplace juga anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu, tentukan Marketplace mana yang ingin anda gunakan, bisa Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan sebagainya.

2. Posting Foto Produk

Tahap kedua yang harus dilakukan adalah, posting foto produk anda sebanyak mungkin, dan jangan lupa untuk mempercantik foto tersebut agar lebih menarik, agar calon pembeli tertarik, semakin banyak foto yang anda posting, maka semakin cepat juga barang dagangan anda laku.

3. Promosi

Tahap terakhir juga sama dengan cara berjualan menggunakan sosial media, yaitu promosi, anda bisa mempromosikan toko online anda menggunakan sosial media, seperti Facebook, Forum dan Sebagainya, semakin banyak anda promosi maka semakin cepat juga Toko anda dikenal.

Itulah sedikit Tips dan Cara Mudah Berjualan Secara Online, perkembangan teknologi kini semakin cepat, jika anda tidak bisa mengikuti perkembangan maka anda akan semakin tertinggal, oleh karena itu gunakanlah kesempatan ini untuk berbisnis, salah satunya adalah dengan berjualan online, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi