Jumat, November 16, 2018

Mudah Banget! Begini Cara Cek Tarif dan Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Pajak merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia, dengan membayar pajak kita sudah ikut membantu pembangunan negara tercinta kita Indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa pendapatan terbesar negara merupakan dari pajak. Tarif pajak setiap Individu sudah pasti berbeda-beda, misalnya saja ketika hendak membayar pajak kendaraan bermotor.

Cara Cek Tarif dan Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Biasanya untuk melihat berapa tarif pajak yang harus dibayar harus langsung ke samsat, namun tahukah anda bahwa kini kita sudah bisa cek pajak secara online, untuk melihat pajak secara online bisa menggunakan dua cara, yaitu bisa menggunakan aplikasi Android atau juga bisa melihat situs E-samsat yang ada di Internet.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara melihat tarif ataupun membayar pajak kendaraan bermotor secara online, saya akan memberikan sedikit informasi terkait tarif pajak.

Tarif Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Cek Tarif dan Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa tarif pajak setiap kendaraan memiliki tarif yang berbeda, dan berikut adalah rincian tentang tarif pajak kendaraan bermotor.
  • Jika anda memiliki kendaraan pertama maka tarif pajak yang pertama adalah 2% lalu jika anda memiliki kendaraan bermotor kedua maka tarifnya akan dikenakan 2.5% dan akan terus meningkat setiap kali memiliki kendaraan bermotor sebesar 0.5%.
  • Jika anda memiliki sebuah badan atau perusahaan, maka tarif pajak yang dikenakan adalah 2%.
  • Jika pemiliki kendaraan bermotor adalah sebuah instansi pemerintah pusat ataupun daerah, maka tarif pajak yang dikenakan adalah 0.50%.
  • Dan jika anda memiliki sebuah alat berat maka tarif yang dikenakan adalah 0.20%.

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Membayar pajak kendaraan bermotor merupakan sebuah kewajiban, untuk pembayarannya sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahun sekali.


Pajak tahunan merupakan sebuah pajak rutin dimana anda harus membayarnya setiap tahun, sedangkan pajak lima tahunan ditandai dengn pergantian pelat nomor kendaraan dan STNK, dimana dikhususkan untuk pajak lima tahunan, maka anda harus datang ke kantor samsat, karena pajak lima tahunan belum bisa membayar melalui online.

Adapun beberapa persyaratan yang harus anda bawa sebelum mebayar pajak tahunan adalah.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan nantinya harus di Fotokopi.
  • KTP Asli
  • Uang untuk membayar pajak.
Dan jika anda ingin membayar pajak lima tahunan, berikut adalah persyaratannya.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan harus di Fotokopi.
  • Buku Pemiliki Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan nantinya harus di Fotokopi.
  • KTP Asli dan harus di Fotokopi.
  • Formulir untuk cek fisik kendaraan oleh petugas.
Jika persyaratan diatas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor samsat terdekat di daerah Anda, dan ikuti langkah berikut.
  • Ambil formulir yang sudah tersedia di loket samsat, dan isi formulir tersebut.
  • Setelah mengisi formulir, serahkan formulir yang sudah anda isi beserta dokumen yang sudah anda persiapkan.
  • Tunggu hingga anda dipanggil oleh petugas dan selanjutnya melakukan pembayaran.
Diatas merupakan tata cara untuk membayar pajak secara manual, sesuai judul artikel ini bahwa kini kita sudah bisa membayarkan pajak secara online, sekaligus kita bisa mengetahui berapa tarif pajak yang akan kita bayar, melalui E-samsat.

Cara Membayar Pajak Secara Online

E-samsat hadir untuk memberikan kemudahan bagi kita yang ingin membayarkan pajak tanpa harus capek ngantri dan sebagainya.

Untuk E-samsat sendiri terdiri dari beberapa jalur, anda bisa mengaksesnya melalui ATM, Website Online, maupun Aplikasi Android. Perlu diketahui biasanya untuk versi Website situs E-samsat terbagi sesuai dengan daerah, misal anda berdomisili di Jakarta maka anda harus mengaksesnya dengan mengetik kata kunci "E-samsat Jakarta".


Yang petama adalah bagaimana cara membayar pajak secara online melalui ATM.
  1. Silahkan anda kunjungi ATM terdekat.
  2. Lanjutkan transaksi dengan pilih menu "Bayar', kemudian lanjut ke "Menu Lainnya".
  3. Pilih menu "Pajak"/Penerimaan Negara".
  4. Pilih menu "e-Samsat".
  5. Masukan Nomor Polisi (Nopol).
  6. Lakukan pembayaran pajak.
  7. Simpan struk pembayaran yang dikeluarkan ATM.
Selain itu anda bisa membayar pajak melalui situs portal E-samsat, dan berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Akses portal e-Samsat.
  2. Masukan kode dan dapatkan konversi Nopol.
  3. Bayar tagihan pajak Anda melalui ATM.
  4. Jangan lupa simpan struk pembayaran pajak Anda.
Yang kedua adalah dengan menggunakan Aplikasi Android, namun perlu diketahui setau saya untuk aplikasi Android belum support pembayaran hanya bisa melihat tarif pajak, untuk aplikasinya anda bisa mengetik dengan kata kunci "E-Samsat" pada Play Store, atau bisa menekan link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=xyz.indonesiabisa.pkb .

Selain itu anda juga bisa menulis kata kunci "Cek Pajak Lampung" disini saya mencontohkan dengan nama daerah Lampung, anda bisa menyesuaikan dengan daerah anda. Dan berikut adalah Tutorialnya.
  1. Unduh aplikasi Cek Pajak untuk daerah Lampung anda bisa mengunduhnya disini .
  2. Jika sudah silahkan anda buka Aplikasi tersebut, lalu tekan tombol Cek Sekarang.
  3. Masukkan angka nopol, dan juga seri belakang.
  4. Dan tekan tombol pencarian, maka dengan ini Anda sudah bisa melihat berapa tarif yang harus dibayar.
Itulah beberapa cara untuk membayar pajak kendaraan secara online, kemajuan teknologi saat ini semakin mempermudah dalam berbagai hal, salah satunya dalam hal membayar pajak, kita doakan semoga kedepannya Indonesia bisa lebih maju dalam dunia Teknologi.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi