Sabtu, November 24, 2018

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi

Baterai merupakan sebuah komponen yang lumayan penting untuk sebuah laptop, karena dengan baterai inilah laptop yang Anda miliki menjadi portabel atau bisa dibawa kemana saja, menjaga baterai agar tetap awet juga harus Anda lakukan, hal ini agar daya tahan baterai Anda tidak menurun.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi Saat di Charge

Selain Harddisk, baterai merupakan salah satu komponen yang paling rentan terkena masalah, setelah saya mencari di-Internet ternyata ada banyak sekali permasalahan, seperti baterai laptop yang tidak mau mengisi, masalah plugged in not charging, atau permasalahan lainnya.

Fokus pada baterai laptop yang tidak mau mengisi walaupun kabel charger sudah terpasang, masalah ini sudah sangat umum dan sering dialami banyak orang, ada banyak sekali penyebab mengapa hal ini terjadi, salah satunya mungkin baterai yang sudah lewat masa pakai.

Sama hal nya seperti batu baterai jam dinding, baterai pada laptop juga memiliki masa pakai biasanya jika laptop sudah menginjak 2 hingga 3 tahun, baterai akan mengalami penurunan performa, dan lebih fatalnya baterai akan benar-benar mati.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL Untuk Situs Website atau Blog

Namun jika Anda memiliki baterai laptop yang terbilang masih baru, namun sudah memiliki banyak masalah, berikut saya akan memberikan beberapa tutorial tentang bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang tidak mau mengisi.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi (Plugged in, Not Charging)


1. Adaptor Terlalu Panas (Overheat)

Masalah pertama adalah mungkin karena Adaptor Charger yang panas, adaptor yang panas juga bisa merusak baterai laptop yang Anda miliki, untuk itu jika dirasa charger sudah mulai terasa panas, maka segeralah untuk mencabutnya terlebih dahulu hingga dingin.

Baca Juga: Cara Mengubah Jaringan H+ 2G Menjadi 4G Secara Permanen di HP Android

2. Periksa Konektor, Ampere dan Voltase Charger

Charger sudah plugged in, namun masih tetap not charging, hal ini mungkin bisa disebabkan oleh konektor, voltase dan ampere charger yang tidak sama dengan laptop, saya sarankan untuk tidak menggunakan chager laptop universal, karena setiap charger memiliki konektor, voltase, dan juga ampere yang berbeda,

Nah, jadi selama charger laptop merupakan charger original, maka kemungkinan baterai Anda akan tetap terisi tanpa ada masalah sedikitpun.

3. Mengecek Sumber Daya Listrik

Hal ketiga yang bisa menyebabkan baterai tidak terisi adalah, mungkin rumah Anda tidak memiliki sumber daya, jadi pastikan rumah Anda memiliki aliran listrik, atau jika Anda sering keluar rumah, pastikan ketika mencolok charger pada terminal, ada aliran listriknya.

4. Baterai Sudah Usang

Penyebab keempat mengapa baterai laptop tidak mau terisi adalah, mungkin baterai laptop yang Anda miliki sudah usang, seperti yang sudah saya bahas diatas, bahwa baterai memiliki daya tahan, itu artinya biasanya baterai laptop yang sudah menginjak 2-3 tahun akan mengalami penurunan performa.
Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda harus mengganti baterai laptop dengan yang baru, dan saya sarankan untuk membeli baterai original sesuai dengan type dan merk laptop yang Anda miliki, agar tidak ada masalah dikemudian hari.

5. Sistem Operasi Bermasalah

Penyebab kelima ini mungkin jarang sekali terjadi, namun ada beberapa kasus dimana baterai tiba-tiba silang, dan tidak mau mengisi, lalu setelah menginstall ulang, laptop tersebut kembali menjadi semula, untuk itu solusi kelima yang bisa Anda coba adalah, dengan menginstall ulang laptop yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara Merawat Laptop Agar Awet Terus

Nah, itulah 5 cara mengatasi baterai laptop yang tidak mau mengisi, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan berkomentar, jangan lupa untuk share artikel ini agar saya bisa terus update artikel bermanfaat lainnya.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi