Jumat, November 30, 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin yang Berisik Pada Yamaha NMAX


Yamaha NMAX hingga saat ini masih memiliki peminat yang sangat tinggi, terbukti dengan tingkat penjualan yang tinggi, walaupun begitu memiliki peminat yang banyak, motor matic dengan body besar ini juga tak luput dari masalah.


Masalah yang sering muncul adalah suara mesin yang berisik berbunyi "klotok, klotok" masalah ini sering sekali dialami oleh banyak pengendara, sama seperti masalah gredek pada Vario 125, masalah suara mesin yang berisik pada Yamaha NMAX juga merupakan masalah yang kronis.

Menurut beberapa sumber yang saya baca ternyata ada 5 penyebab mengapa suara mesin pada Yamaha NMAX bisa berisik, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Yamaha NMAX yang Berisik

1. Klep yang Longgar

Penyebab pertama mengapa suara mesin NMAX bisa berisik mungkin karena klep yang longgar, hal ini bisa dibuktikan dengan adanya suara seperti pukulan benda keras, akibat celah pada klep yang terlalu longgar, dan dudukan baut stopper yang aus.

Oleh karena itu anda harus menyetel ulang setelah klep, namun terkadang penyetelan klep juga tidak menyelesaikan masalah ini jika ada part lain yang sudah terlanjut aus.

2. Bearing Transmisi

Ketika motor sudah berjalan, sering sekali terdengar suara pada bagian transmisi gear box, hal ini sering kali ditemui pada Yamaha NMAX keluaran tahun 2015 hingga 2016, untuk mengatasi masalah ini ada beberapa bagian yang harus diganti, yaitu bearing transmisi dengan kode 93306204XH, atau ada beberapa alternatif lain, yaitu menggunakan miliki Scorpio (93306204XR) atau NTN, Kyo FAG dan SKF.


3. Spring Tensioner

Pada saat kondisi idling menginjak 1500 RPM hingga 9000 RPM mesin akan terdengar seperti mesin jahit yang rusak, hal ini bisa disebabkan oleh spring tensioner assy yang rusak, ada part yang harus diganti yaitu tensioner assy dengan kode 2ND E 2210 20, dan anda harus melakukan nya pada bengkel resmi Yamaha.

4. Noise Idling

Pada saat kondisi idling di kisaran 1500 RPM atau 4000 RPM , akan terdengar suara berisik, namun setelah lebih dari 4000 RPM suara berisik tersebut akan hilang, hal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan menggunakan obeng minus.

Dan komponen yang harus di cek adalah tensioner, Vbelt, pulley primer, roller, starter clutch, bearing camshaft bagian depan dan belakang, dan bearing rocker arm.

5. Piston Kit

Suara mesin yang berisik, dengan suara klotok klotok, juga ditandai dengan knalpot yang berasap, bisa disebabkan oleh piston yang mengalami goresan atau silinder sehingga menyebabkan oli mesin masuk kedalam ruang bakar.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi