Minggu, Desember 02, 2018

Mudah Banget! Begini Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online


Penipuan melalui melalui SMS sudah marak sekali terjadi di Indonesia, penipuan melalui SMS ini terbilang sudah sangat meresahkan, karena para penipu ini menggunakan banyak nomor, ataupun menggunakan SMS Masking untuk melancarkan aksinya, maka tak jarang penipuan melalui SMS ini sangat susah untuk di deteksi.

Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online

Karena sudah sangat sering terjadi dan banyak korban yang terkena penipuan ini, kini pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dengan mengharuskan setiap nomor yang ingin diregistrasi harus terhubung dengan nomor NIK dan KK, serta mengajak masyarakat untuk melaporkan SMS penipuan secara online.

Agar penipuan ini tidak semakin marak, maka pemerintah sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat, jika ada sebuah penipuan, untuk segera melaporkannya secara online, dan pemerintah sudah meluncurkan sebuah situs web untuk mempermudah pelaporan penipuan secara online, yaitu melalui situs lapor.go.id.

Baca Juga: Cara Mudah Blokir Nomor Pada Kartu Telkomsel

Namun menurut pengalaman beberapa pengguna, melaporkan penipuan pada situs web terbilang masih sangat ribet, nah untuk itu pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai cara alternatif untuk melaporkan SMS penipuan, bagaimana caranya? Simak tutorial berikut.

Cara Melaporkan SMS Penipuan Secara Online

Ada berbagai macam cara alternatif yang bisa anda lakukan jika ada SMS penipuan, yang pertama adalah dengan melaporkan nya ke layanan FCC-OJK di nomor 1-500-655, dan bisa juga mengirim email ke konsumen@ojk.go.id dengan melampirkan screen capture sebagai bukti.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Email Google Dan Yahoo Lewat Android Dan PC

Nah yang kedua ini adalah dengan melaporkannya ke situs lapor.go.id, jika anda mendapat panggilan penipuan, anda harus merekam nya terlebih dahulu lalu melaporkannya pada situs tersebut, nantinya jika sudah ter validasi oleh FCC-OJK dan sudah terbukti bahwa nomor yang tercantum melakukan penipuan, maka akan ditindak lanjuti oleh penegak hukum, dan nomor rekening atau nomor telepon pelaku akan diblokir.

Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Cek Tarif dan Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Itulah sedikit informasi mengenai cara melaporkan penipuan secara online, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini silahkan berkomentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini agar saya bisa terus memberikan artikel bermanfaat lainnya.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi