Kamis, Desember 13, 2018

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format Tanpa Software


Flashdisk merupakan media penyimpanan data portabel yang sering digunakan oleh banyak orang, dengan flashdisk kita bisa menyimpan berbagai macam file dengan ukuran yang besar, karena kegunaannya inilah, banyak orang yang menyimpan file seperti tugas dan lain-lain, namun terkadang ada beberapa error yang biasa terjadi pada flashdisk, sehingga membuat kita menjadi kesulitan dalam mengakses file bahkan yang lebih parah bisa terhapus.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format Tanpa Software

Untuk memperbaiki flashdisk yang rusak ataupun error ternyata gampang-gampang sulit, dan salah satu error yang sering dialami oleh banyak orang adalah, dimana saat dicolokkan pada port usb, tiba-tiba flashdisk meminta format, tentu hal ini sangat mengganggu karena semua file yang ada didalamnya bisa hilang seketika.

Maka dari itu kita harus mengetahui cara caranya bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang minta format, karena jika tidak file yang ada didalamnya akan hilang, nah untuk memperbaiki flash disk yang error ternyata bisa kita atasi dengan mudah dan tanpa menggunakan software atau aplikasi tambahan.

Baca Juga:


Lalu bagaimana cara memperbaiki flash disk yang minta format? Setelah saya cari - cari referensi di Internet, saya menemukan ternyata ada 4 cara untuk memperbaiki flash disk yang minta format, bagaimana caranya? Simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Error (Minta Format)

Untuk memperbaiki flashdisk yang error dan minta format, ada beberapa cara, yaitu dengan melakukan low level formating, memformat menggunakan CMD, atau dengan mencabut dan memasukkan kembali flashdisk, dan berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Melakukan Low Level Format

Cara yang pertama adalah dengan melakukan low level format, hal ini bisa Anda lakukan melalui Computer Management, lalu bagaimana caranya? Buka run, dengan menekan tombol Win+R setelah itu ketik compmgmt.msc lalu tekan enter, dengan begini computer management akan terbuka.
Setelah itu pada jendela Computer Management, cari drive Flashdisk yang Anda miliki untuk itu sebelum membuka Computer Management, pastikan flash disk yang Anda miliki sudah dicolokkan pada port USB Komputer, setelah itu format drive flashdisk Anda dengan jenis FAT32, dan tunggu hingga proses low format selesai.

2. Format Flashdisk Menggunakan CMD

Jika cara diatas kurang manjur, maka Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu menggunakan CMD atau Command Prompt, CMD sendiri memiliki berbagai macam fungsi, dan salah satunya adalah untuk memformat flashdisk yang error, cara format flashdisk menggunakan CMD bisa dengan mengikuti cara berikut ini.

Buka jendela Run dengan menekan tombol Win+R, setelah itu ketik cmd dan tekan enter, maka akan muncul jendela console dengan tampilan layar hitam, lalu masukkan perintah "format (nama drive flashdisk)", Anda harus menyesuaikan dengan drive flashdisk yang terdapat di PC, misal flash disk Anda ada di urutan drive F maka Anda harus mengetik kode format F:.

Tunggulah hingga hingga proses format selesai, lalu coba untuk cabut dan masukkan kembali usb pada port USB, jika masih tidak berhasil, masih ada dua cara lagi.

3. Format Kembali Flashdisk Menggunakan CMD

Cara yang ketiga masih menggunakan CMD, namun ada sedikit perbedaan dengan cara diatas, pada cara ketiga ini menggunakan perintah check disk, lalu bagaimana caranya? Simak tutorialnya berikut ini.

Seperti biasa pertama buka terlebih dahulu Command Prompt pada PC Anda, setelah itu ketik kode "chkdsk (nama drive flashdisk)/r" tanpa tanda petik, contohnya "chkdsk H:/r". lalu akan muncul proses, dan tunggu hingga proses pengececkan selesai. 

4. Masukkan Ke Semua Port USB

Cara yang terakhir adalah dengan mencoba semua port usb yang ada, biasanya pada laptop memiliki 2 hingga 3 port USB, sedangkan pada PC biasanya memiliki 4 port USB, nah cobalah untuk memasukkan Flashdisk yang Anda miliki ke semua port USB yang ada.

Karena biasanya tidak semua port USB kompatibel dengan perangkat flashdisk yang Anda miliki, namun jika masih tidak berhasil saya sarankan untuk mengganti flashdisk yang Anda miliki dengan yang baru, karena bisa jadi perangkat USB Anda sudah mulai mengalami kerusakan.
Dan itulah empat cara bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang selalu minta format ketika dimasukkan kedalam port USB tanpa menggunakan software pihak ketiga, nah silahkan Anda coba semua cara diatas, semoga berhasil.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi