Senin, Desember 10, 2018

Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti Terbaru

Android merupakan sebuah sistem operasi Smartphone yang saat ini paling banyak digunakan oleh berbagai macam merk smartphone, Sistem Operasi ini merupakan sebuah Sistem yang dibuat oleh google, dan bersifat Open Source, namun walaupun begitu, sistem operasi Android banyak sekali bug atau masalah, salah satunya adalah Sistem UI yang sering berhenti secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

Sistem UI merupakan sebuah sistem layanan yang berjalan otomatis, dimana Sistem UI ini berguna untuk mendukung fitur-fitur yang ada didalamnya, biasanya sistem ini sering terdapat error, yang bertuliskan Sayangnya Sistem UI telah berhenti.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, mulai dari virus hingga bug, atau bisa juga dikarenakan ada beberapa file system yang Corrupt, lalu bagaimana cara mengatasi sayangnya sistem UI telah berhenti ini?.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Suara Video Menggunakan Android Dengan Mudah

Biasanya untuk mengatasi hal ini Anda lebih memilih untuk membawanya ke tempat service, namun ternyata untuk mengatasi hal ini, Anda tidak perlu ke tempat service untuk memperbaikinya, karena Anda bisa memmperbaikinya sendiri dengan mengikut 5 cara berikut ini.

Cara Mengatasi "Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti" Pada Smartphone Android


1. Menghapus Aplikasi yang Tidak di Butuhkan

Cara yang pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak dubutuhkan, aplikasi yang berlebih bisa menyebabkan Sistem UI berhenti secara tiba-tiba, hal ini dikarenakan RAM yang penuh sehingga bekerja lebih.

Oleh karena itu Anda bisa uninnstall aplikasi yang tidak dibutuhkan agar ruang penyimpanan dan juga RAM bisa lebih luas, sehingga Sistem UI akan berjalan lebih lancar, setelah itu cobalah untuk restart smartphone Anda, dan rasakan perbedaannya.

2. Hapus Cache Sistem UI

Cara yang selanjutnya adalah dengan menghapus Cache Sistem UI caranya adalah.
  • Buka pengaturan Android.
  • Setelah itu pilih menu Aplikasi Sistem.
  • Lalu gulir kebawah hingga menemukan System UI.
  • Lalu pilih Hapus Cache.
  • Dan restart smartphone Anda.
Baca Juga: Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache

3. Update Sistem Android

Cara yang ketiga adalah dengan cara update Sistem Android, sudah saya singgung diatas bahwa Sistem UI yang berhenti bisa disebabkan oleh adanya Bug, nah biasanya setelah adanya Bug ini pihak developer akan mengadakan Update System, lalu bagaimana cara mengetahuinya? Simak tutorial berikut.

  • Pertama buka pengaturan Android.
  • Lalu gulir kebawah hingga menemukan menu About Phone (Tentang Perangkat).
  • Langkah selanjutnya pilih Update Sistem.
  • Dan cek apakah ada update atau tidak.
Namun jika anda tidak menemukan adanya update System, masih ada beberapa cara lagi.

4. Reset Pabrik / Kembali Pengaturan Awal (Hard Reset)

Opsi keempat adalah dengan melakukan Hard Reset atau kembali ke pengaturan awal, sebelum melakukan hal ini, pertama anda backup terlebih dahulu semua data smartphone Anda, setelah itu ikuti tutorial berikut.
  • Buka pengaturan.
  • Selanjutnya masuk pada menu, buat cadangan & setel ulang.
  • Lanjut pilih menu kembalikan ke setelan pabrik.
  • Dan tunggu hingga selesai.
  • Atau anda bisa juga dengan menggunakan menu recovery.
  • Pertama matikan smartphone anda, lalu tekan tombol volume bawah + power.
  • Setelah itu pilh factory reset.
Untuk melakukan Hard Reset melalui Recovery, pastikan untuk tombol yang ditekan sesuai dengan tipe dan merk smartphone anda, anda bisa cek di google.

5. Flash Android

Langkah yang terakhir adalah dengan melakukan Flashing Android, cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi masalah sayangnya sistem UI telah berhenti, sebelum melakukan proses Flashing, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, yaitu dengan melakukan proses Flashing, bisa saja Smartphone anda menjadi rusak, seperti Bootloop dll, untuk itu pastikan anda pikirkan secara matang-matang.
Setiap merk dan jenis tipe smartphone memiliki ROM yang berbeda-beda, untuk itu anda bisa mencarinya di Google, dan untuk Stock ROM nya sendiri, saya sarankan untuk mengunduhnya langsung di Situs Official, agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi