Minggu, Desember 09, 2018

Intel Dual Core dan Intel Celeron Lebih Bagus Mana? Inilah Perbedaan Antara Keduanya

Perbedaan Antara Intel Dual Core vs Intel Celeron - Laptop saat ini memang menjadi sebuah barang yang sangat berguna untuk menggantikan komputer, sifat laptop yang portabel dan bisa dibawa kemana saja membuat laptop laris dipasaran, spesifikasinya pun sangat bervariasi, dan bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki.

Perbedaan Intel Dual Core dan Intel Celeron

Jika Anda merupakan seorang pelajar atau mahasiswa, maka laptop dengan spesifikasi yang rendah dan murah bisa menjadi pilihan, karena biasanya untuk pelajar atau mahasiswa hanya menggunakan aplikasi perkantoran yang tidak mengharuskan menggunakan spesifikasi yang besar, biasanya laptop dengan processor Intel dual Core ataupun Celeron menjadi pilihan terbaik, hal ini dikarenakan spesifikasinya yang sudah lumayan untuk membantu mengerjakan aplikasi perkantoran, serta harganya yang murah.

Intel Dual Core dan Intel Celeron sekilas tidak ada yang menghiraukan bagus mana antara kedua processor tersebut, hal ini dikarenakan harga dari laptop yang memiliki processor Intel Dual Core ataupun Intel Celeron memiliki perbedaan harga yang sangat tipis.

Walaupun begitu, lalu apa sih perbedaan antara kedua processor tersebut? Dan lebih bagus mana? Berikut saya akan memberikan ulasan lengkapnya.

Perbedaan Intel Dual Core dan Intel Celeron

Antara Intel Dual Core dan Intel Celeron tentu memiliki perbedaan, perbedaan tersebut bisa dilihat dari performa dan juga harga, untuk melihat perbandingannya, berikut saya berikan informasinya.

1. Intel Celeron

Perbedaan Intel Dual Core dan Intel Celeron

Sebenarnya, Celeron merupakan sebuah nama resmi dari processor produksi Intel Corporation, dimana pada Celeron hanya memiliki satu inti, atau single core. Pasarnya sendiri memang ditujukan untuk mengarah kepada laptop kelas low end, atau laptop dengan harga yang murah.
Intel Celeron untuk di Indonesia, terbilang sangat laris manis, apalagi untuk pelajar atau mahasiswa, hal ini dikarenakan harganya yang murah, selain itu ada juga yang menganggap bahwa Celeron merupakan bagian dari pentium, padahal pentium adalah processor desktop rilisan Intel yang dikhususkan untuk kelas high end, sedangkan Celeron hanya dikhususkan untuk kelas low end.

Untuk variannya sendiri, Processor Intel Celeron memiliki banyak varian, masing-masing varian memiliki ukuran dan juga transistor yang berbeda, dan berikut adalah daftar variannya.
  • Covington (250 nm)
  • Mendocino (250 nm)
  • Coppermine-128 (180 nm)
  • Tualatin-256 (130 nm)
  • Willamette-128 (180 nm)
  • Northwood-128 (130 nm)
Dan untuk Celeron D, memiliki varian:
  • Prescott-256 (90 nm)
  • Cedar Mill-512 (65 nm)
  • Conroe-L (65 nm)

2. Intel Pentium Dual Core

Perbedaan Intel Dual Core dan Intel Celeron

Selanjutnya adalah Intel Pentium Dual Core atau sering disebut dengan nama Intel Dual Core, processor ini juga termasuk processor low-end, namun satu tingkat berada diatas Intel Celeron dan di bawah Intel Core 2 Duo.

Loh emang apa bedanya antara Dual Core dan Core 2 Duo? Tentu saja berbeda, hal ini bisa dilihat dari performa, Intel Pentium atau Dual Core sering dikenal sebagai processor yang memiliki dua inti dan 4 inti, dan untuk namanya sendiri sebenarnya bukan Dual Core, melainkan Intel Pentium.
Dual Core sendiri merupakan penggunaan dua buah inti atau core pada suatu processor, setiap inti nya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clock speed data yang sama, tapi proses perhitungan dan pemrosesan data dibagi ke dua inti processor tersebut.

Intel Pentium Dual Core juga memiliki beberapa varian, sama seperti Intel Celeron, dan berikut beberapa varian tersebut.
  • Conroe (65 nm)
  • Merom (65 nm)
  • Allendale (65 nm)
  • Wolfdale (45 nm)
  • Penryn (45 nm)

Intel Celeron vs Dual Core Lebih Bagus Mana?

Setelah melihat perbedaan diatas lalu lebih bagus mana sih antara Intel Celeron dan Dual Core? Jika ingin melihat perbandingannya, saya akan memberikan kelebihan dari masing masing processor terlebih dahulu.

Kelebihan Intel Celeron Daripada Dual Core

  • Harga lebih murah.
  • Lebih dingin ketimbang Dual Core.
  • Lebih hemat listrik.

Kelebihan Dual Core Daripada Intel Celeron

  • Memiliki kecepatan proses data lebih cepat.
  • Fitur lebih banyak ketimbang Intel Celeron.
  • Bisa memainkan game dengan kualitas yang sedang, namun tidak disarankan untuk memainkan game berat.

Performa Antara Intel Dual Core dan Intel Celeron

Processor merupakan sebuah bagian paling penting dalam pengoperasian komputer atau laptop, masing-masing merek dan jenis processor memiliki performa dan kemampuan nya tersendiri dalam memproses data, terkadang kita sebagai orang awam masih belum paham akan performa processor yang tersemat pada laptop, sehingga membuat banyak orang bingung dan akhirnya salah beli.
Nah terkhusus Intel Dual Core dan Intel Celeron, processor ini merupakan sebuah processor low end yang sering digunakan oleh banyak orang, karena kedua processor ini paling laris dipasaran, saya akan memberikan perbandingan performa antara keduanya.

Perbedaan Intel Dual Core dan Intel Celeron

Dari score atau CPU mark yang berwarna merah, kita bisa melihat bahwa Intel Pentium atau Dual Core lebih unggul, darisini kita bisa mengambil kesimpulan.
  • Jika Anda memiliki kebutuhan yang hanya untuk mengerjakan aplikasi perkantoran saja, maka Anda bisa mengambil Intel Celeron, karena harganya yang sangat murah.
  • Namun jika Anda memiliki budget lebih, dan memiliki pekerjaan yang lebih dari aplikasi perkantoran, seperti editing foto Photoshop, maka Anda bisa mengambil Intel Pentium (Dual Core).
Nah, itulah perbandingan antara Intel Dual Core dan Intel Celeron, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini silahkan berkomentar, semoga dengan adanya informasi ini Anda bisa lebih terbantu ketika ingin membeli laptop.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi