Kamis, Maret 14, 2019

✓ Cara Mengobati atau Mengatasi Burung Love Bird yang Terkena Flu (Snot)

Jalurpandai - Burung Lovebird terkena flu (snot). Burung lovebird merupakan salah satu burung yang gampang-gampang sulit untuk dipelihara, karena selain makanan nya yang harus dijaga agar burung menjadi gacor, burung lovebird juga rentan terkena penyakit.

Cara Mengatasi Burung Terkena Flu

Ada banyak sekali jenis penyakit pada burung lovebird, namun yang paling sering dialami adalah penyakit flu, pilek atau sering disebut snot. Penyakit flu sering menjangkit burung lovebird saat musim penghujan, jika sudah seperti ini, maka harus ditangani dengan segera, karena jika tidak, burung akan mati, dan beresiko menular ke burung yang lain.

Jika burung sudah terkena penyakit flu atau pilek, maka anda harus membawanya ke klinik, nah bagi anda yang memiliki burung lovebird dan tak ingin burung anda sakit, maka bisa dilakukan langkah pencegahan.

Cara Mencegah Burung Lovebird Agar Tidak Sakit Flu

Setidaknya ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk pencegahan terjadinya flu pada lovebird, apa saja itu? Berikut saya berikan ulasan lebih lengkapnya.

1. Berikan Multivitamin Burung

Langkah pertama untuk mencegah burung lovebird agar tidak terkena penyakit flu adalah, dengan memberikan multivitamin pada burung. Multivitamin ini bisa diberikan setiap hari sesudah atau sebelum terkena flu.

Untuk membelinya kamu bisa beli secara langsung di toko burung atau pertanian terdekat, harga dari multivitamin ini kisaran, Rp. 130 ribuan.

2. Atur Penempatan Sangkar Burung

Pencegahan kedua adalah dengan memperhatikan penempatan sangkar burung, disarankan jangan menempatkan sangkar pada lubang sirkulasi udara, misal pintu, ventilasi, atau AC. Lebih baik letakkan burung di teras rumah, lalu tutup sangkar dengan kredong jika burung hendak istirahat.

3. Tempat Khusus Untuk Lovebird

Jika penempatan sangkar sudah tepat, maka anda harus menyediakan tempat khusus untuk si burung, tempat khusus ini hanya untuk burung yang sudah terkena penyakit flu, jadi fungsi nya agar burung yang lain tidak ikut tertular.

Pemindahan tempat juga bisa mempercepat proses penyembuhan dari si burung, karena burung akan beristirahat dengan bagus.

4. Perhatikan Makanan Lovebird

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan kualitas makanan dari burung, pakan merupakan hal yang sangat penting bagi si burung, anda harus bisa menyediakan makanan untuk lovebird agar fit gacor dan birahi nah jika anda masih bingung makanan apa saja yang disarankan untuk lovebird.

5. Sedot Ingus Pada Burung

Jika burung lovebird anda sudah terlanjur terkena flu, maka langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan penyedotan ingus, gunakan spet, atau bisa juga berikan obat spektra sebanyak 4 tetes. Obat spektra fungsinya untuk mengeluarkan ingus dan juga lendir pada hidung burung.
Nah, itulah sedikit tips bagaimana cara pencegahan maupun pengobatan pada burung lovebird agar tidak terkena penyakit flu, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi