Sabtu, Maret 30, 2019

Cara Membersihkan Lensa Kaca Mata Yang Baik dan Benar


Jalurpandai - Kacamata yang sejatinya merupakan sebuah alat untuk membantu penglihatan, tentu tidak akan sangat efektif jika lensa dari kacamata kotor. Lensa dari kacamata sangat rentan terhadap debu dan kotoran, jika membersihkannya tidak dengan baik dan benar, maka akan membuat lensa menjadi rusak atau tergores.

Cara Membersihkan Lensa Kacamata

Sebenarnya membersihkan lensa kacamata sangatlah gampang, mungkin bagi orang yang pertama kali menggunakan kacamata dan masih awam akan langsung membawanya ke optik, untuk membersihkan lensa, tapi ternyata untuk membersihkan lensa kacamata sangatlah gampang.

Lalu bagaimana sih caranya? Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Cara Membersihkan Lensa Kaca Mata yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Lensa Kacamata Yang Kotor dan Tergores

Untuk membersihkan lensa kacamata yang baik dan benar, tidak memerlukan alat khusus, namun sebelum itu, anda harus tahu dulu beberapa penyebab mengapa lensa kaca mata bisa jadi kotor, agar kedepannya bisa lebih hati-hati lagi.

Penyebab Lensa Kacamata Kotor

Jika anda sering bepergian menggunakan motor, tentu tidak akan bisa terhindar dari yang namanya debu, nah debu inilah salah satu penyebab mengapa lensa kacamata menjadi kotor.
Penyebab Lensa Kacamata Kotor dan Tergores

Selain itu, lensa kacamata yang kotor juga bisa disebabkan oleh minyak yang ada dimuka, rambut dan juga kulit kepala, sehingga bisa meninggalkan jejak noda serta bisa membuat lensa menjad buram.

Sidik jari yang terus menerus terkena lensa juga bisa menyebabkan lensa kacamata menjadi kotor, maka dari itu anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan kacamata, karena setau saya, harga kacamata agak sedikit mahal ya jika kita beli di optik, hehe.. jadi kita harus berhati-hati dengan alat ini.

Cara Membersihkan Lensa Kacamata Yang Buram dan Kotor Dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan Lensa Kacamata yang Kotor

Jika kita membeli kacamata di optik, kita akan mendapatkan sebuah kain tipis, nah kain tersebut bernama microfiber. Microfiber berfungsi sebagai alat untuk membersihkan lensa kacamata, namun jika ingin membersihkan lensa kacamata tidak cukup menggunakan microfiber saja, berikut ada beberapa hal yang harus anda lakukan.
  • Isi air kedalam baskong, lalu tambahkan sabun, bisa itu sunlight, ataupun sabun pencuci piring lainnya.
  • Rendam terlebih dahulu kacamatanya, dan usap secara halus menggunakan jari, ingat, jangan sampai ada kotoran yang menempel ketika mengusap, karena bisa menggores lensa.
  • Setelah itu bilas dengan air mengalir.
  • Lanjut diamkan sejenak, lalu usap menggunakan microfiber.
Pastikan lensa di usap sekering mungkin menggunakan microfiber, hal ini agar tidak meninggalkan noda bekas air yang mengering, selain itu jangan lupa untuk melakukan hal diatas secara rutin, bisa 1 minggu sekali, fungsinya agar kotoran tidak menumpuk pada lensa.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Kacamata

Selain lensa yang buram karena kotor, terkadang banyak juga orang yang mengeluhkan lensa kacamata yang tergores, jika sudah seperti ini tentu akan menyulitkan kita.
Cara Menghilangkan Goresan Pada Lensa Kacamata

Nah berikut ini saya akan berikan beberapa cara bagaimana menghilangkan goresan pada lensa kacamata. Disini kita akan menggunakan pasta gigi.
  • Pertama lap terlebih dahulu lensa kacamata menggunakan kain microfiber, hal ini bertujuan untuk memastikan letak goresan pada lensa.
  • Setelah itu tambahkan sedikit pasta gigi bisa juga tambahkan baking soda, setelah itu gosok menggunakan jari, pastikan menggosoknya dengan cara memutar.
  • Jika sudah bilas menggunakan air, dan lap menggunakan kapas.
  • Setelah itu cek apakah masih ada goresan atau tidak.
Jika tidak punya pasta gigi dan baking soda, bisa juga menggunakan minyak kayu putih, setelah itu gosok menggunakan jari secara memutar.

Selain itu, ada beberapa produk yang bisa anda coba untuk menghilangkan goresan pada kacamata, yaitu.

1. Silver Polish

Cara Membersihkan Kacamata Menggunakan Silver Polish

Produk yang pertama adalah silver polish, produk ini merupakan sebuah cairan yang berfungsi untuk membersihkan segala bentuk benda yang berbahan perak. Cara mengaplikasikan pada lensa kacamata sangat mudah, silahkan tuangkan beberapa tetes cairan ke kain, lalu gosokkan pada lensa, lalu gunakan kain lain untuk membersihkan cairan yang menempel.

2. Wood Cleaner

Wood cleaner merupakan sebuah produk yang mengandung petroleum jelly, dimana zat ini bisa berfungsi untuk menyamarkan atau menghilangkan goresan pada lensa kacamata, caranya sangat mudah, semprotkan cairan ke lensa, setelah itu gosok menggunakan microfiber, lalu bilas menggunakan air.

3. Pembersih CD/DVD

Cara Membersihkan Kacamata Menggunakan Pembersih DVD

Anda pasti sudah tahu dengan pembersih kaset CD/DVD alat ini biasanya berbentuk sebuah semprotan busa, nah pembersih ini bisa diaplikasikan juga ke lensa kacamata, caranya cukup semprotkan pada lensa, lalu gosok menggunakan kain halus.

Tips dan Trik Merawat Kacamata Agar Awet

Tips Merawat Kacamata

Diatas saya sudah membahas tentang penyebab dan juga bagaimana cara membersihkan lensa kacamata yang kotor atau bergores, nah selanjutnya saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara merawat kacamata agar awet.

Baca Juga:

1. Rajinlah Membersihkan Menggunakan Kain Microfiber

Kain microfiber biasanya memang sudah langsung disediakan ketika kita pertama kali membeli kacamata, nah agar kacamata yang kita miliki selalu awet, anda harus secara rutin membersihkan kacamata menggunakan kain tersebut.

2. Gunakan Cairan Pembersih Lensa

Cara Merawat Kacamata Agar Awet

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan cairan pembersih lensa, biasanya ketika kita membeli kacamata di optik, kita akan diberikan cairan pembersih lensa. Nah selalu gunakan cairan tersebut, untuk mencegah lensa menjadi buram.

3. Menggunakan Lapisan Pelindung Lensa

Jika di smartphone kita mengenal pelindung layar anti gores, di kacamata pun ada istilah anti gores, agar kacamata yang anda miliki bisa lebih awet dan tahan terhadap goresan, maka jangan lupa untuk membeli lapisan pelindung lensa.

4. Rutin Membawa ke Optik Jika Ada Keluhan

Lalu tips yang keempat adalah dengan rutin membawa kacamata ke optik, misal jika kacamata bergores dan kotor, lalu sudah melakukan semua cara diatas, dan tidak berhasil juga, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan membawanya langsung ke optik.

Jika anda merupakan pengguna kacamata, tentu merawatnya menjadi salah satu hal yang sangat penting, karena kacamata menjadi alat penunjang kegiatan sehari-hari. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi