Rabu, Maret 27, 2019

Makanan Burung Jalak Nias Agar Rajin Gacor dan Sehat


Jalurpandai - Jalak nias merupakan salah satu jenis burung jalak yang paling banyak dipelihara, ciri utama dari jalak nias ini terletak pada bulunya yang berwarna sedikit warna coklat keabuan, serta memiliki suara kicau yang sangat merdu.

Cara Merawat dan Makanan Burung Jalak Nias

Beberapa alasan mengapa banyak orang memelihara burung jalak nias adalah karena burung ini memiliki karakteristik yang mudah berkicau, namun tentu saja tergantung perawatan dari si pemilik terhadap burung ini.

Agar burung jalak nias bisa rajin gacor, anda harus memperhatikan perawatan dari burung ini, mulai dari pakan, serta perawatan lainnya, seperti pemandian, tempat tinggal, serta beberapa perawatan lainnya.

Nah, jika anda menginginkan burung jalak nias agar rajin gacor dan sehat, maka makanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, lalu apa saja sih makanan dari siburung ini? Berikut daftarnya.

Perawatan Serta Makanan Burung Jalak Nias Agar Rajin Gacor

Sejatinya hampir semua jenis burung jalak memiliki makanan yang sama, seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya seputar makanan burung jalak, namun khusus burung jalak nias berikut saya berikan daftar referensinya.

1. Kroto

Makanan Burung Jalak Nias

Kroto atau telur semut rangrang merupakan salah satu makanan favorit dari burung jalak nias, kroto memiliki kandungan gizi yang lengkap bagi si burung. Dengan memberi pakan kroto pada burung jalak nias, bisa membuat suara kicau dari burung menjadi lebih nyaring dan variatif.

Kroto juga memiliki kandungan gizi seperti protein, dimana kandungan protein yang tinggi ini bisa berguna untuk meningkatkan stamina serta suhu dari burung jalak nias agar lebih fit dan sehat. Untuk cara pemberiannya, cukup jadikan makanan pendamping dan jangan diberikan secara berlebihan.

2. Voer (Pur)

Makanan Burung Jalak Nias

Voer merupakan makanan utama dari burung jalak nias, pur atau voer memiliki kandungan gizi dan jgua nutrisi yang lengkap dan juga praktis, selain itu agar kandungan gizi nya bisa lebih lengkap, disarankan untuk mencampurkan pur dengan beberapa makanan pendamping lainnya, seperti kroto atau buah-buahan.

3. Jangkrik

Makanan Burung Jalak Nias

Pakan yang ketiga adalah jangkrik, jangkrik memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein dan vitamin. Selain itu jangkrik merupakan salah satu makanan favorit dari burung jalak nias.

Untuk pemberiannya sama seperti kroto, yaitu jadikan makanan pendamping dan jangan terlalu berlebihan. Sebelum memberikan jangkrik, pisahkan terlebih dahulu kepala dan kaki-kaki nya, setelah itu berikan berupa potongan kecil.

4. Buah Pisang Kepok

Makanan Burung Jalak Nias

Pakan selanjutnya yang menjadi favorit burung jalak nias adalah pisang, namun pisang yang sangat direkomendasikan adalah pisang kepok, pisang kepok memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kalori, lemak, karbohidrat, asam folat, fosfor, potasium, kalsium dan juga zat besi.

Semua kandungan gizi tersebut bisa berguna untuk menambah kualitas kicau dari burung jalak nias, selain itu dengan memberikan pisang, bisa mencegah burung jalak nias dari obesitas atau kegemukan.

Tidak hanya itu, dengan memberikan pisang kepok pada burung jalak bisa membuat stamina dari burung jalak nias meningkat, sehingga bisa menjadi lebih gacor. Untuk pemberian pakan, pastikan pisang sudah matang sempurna, dimana ciri-cirinya daging dari pisang sudah putih dan tekstur nya lembut. Jangan lupa untuk potong kecil-kecil agar burung jalak nias bisa dengan mudah mengkonsumsinya.

5. Buah Apel atau Pepaya

Makanan Burung Jalak Nias

Selanjutnya pakan yang kelima adalah buah apel atau pepaya, kedua buah ini kandungan nutrisi dan gizinya hampir sama dengan pisang kepok, dimana kandungan gizi kedua buah ini bisa membuat burung jalak nias menjadi lebih sehat dan fit, serta bisa membuat burung menjadi rajin gacor.

Tips Perawatan Burung Jalak Nias Agar Rajin Gacor dan Sehat

Cara Merawat Burung Jalak Nias

Nah, diatas kita sudah tahu pakan apa saja yang cocok untuk burung jalak nias, berikut ini akan saya berikan tips dan trik bagaimana cara agar burung jalak nias jadi gacor dan sehat.

Menjaga Kebersihan Kandang

Cara yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan dari kandang, pembersihan kandang ini bisa dengan membersihkan sisa pakan, ataupun membersihkan semua kotoran yang menempel di sangkar, selain itu disarankan untuk menggunakan sarang yang sedikit besar, agar burung jalak nias bisa lebih leluasa dalam bergerak.

Untuk pembersihannya, minimal lakukan sehari sekali, atau jika ingin lebih jos lagi, bisa dengan 2 kali sehari, jangan lupa juga untuk memandikan burung dengan menggunakan semprotan agar semakin mantap.

Memberikan Pakan Secara Teratur

Memberi makanan atau pakan yang teratur ke burung jalak nias tentu salah satu hal yang wajib dilakukan. Karena sifat dari burung jalak nias yang omnivora, itu berarti anda bisa memberinya buah-buahan atau juga serangga seperti jangkrik dan kroto.

Baca Juga:


Jangan lupa juga untuk memberikan multivitamin agar nutrisi dari burung jalak nias bisa lebih lengkap.

Mandikan Burung

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa burung jalak suka mandi, maka agar lebih mantap perawatannya, maka sediakanlah tempat mandi untuk si burung jalak nias.

Mandikan burung jalak nias sehari dua kali, dan disarankan untuk memandikan terlebih dahulu sebelum memberi makan burung jalak nias, waktunya kisaran jam 11 dan jam 17 sore, anda bisa melakukannya dengan menyemprotkan air ke seluruh tubuh burung jalak nias.

Bonus

Sebagai bonus berikut ini saya berikan sedikit informasi mengenai burung jalak nias, mulai dari ciri-ciri hingga bagaimana cara membedakan antara jalak nias betina dan jantan, berikut informasi selengkapnya.

Ciri-Ciri Burung Jalak Nias

Burung jalak nias memiliki warna yang didominasi dengan bulu warna coklat hampir diseluruh tubu, biasanya juga ada warna hitam atau putih pada bagian kepala, selain itu untuk paruhnya berwarna kuning gading.

Lalu pada bagian sayap hingga ekor, terdapat warna abu-abu di seluruh bulunya, selain itu burung ini juga terkadang memiliki warna putih di bagian perut, untuk ukuran burung ini memiliki ukuran kisaran 23 hingga 25 cm.

Perbedaan Jalak Betina dan Jantan

Ada beberapa perbedaan antara jalak nias betina dan jantan, yaitu.
  • Suara kicau dari jalak nias jantan lebih lantang serta variasinya lebih beragam, sedangkan untuk yang betina, lebih halus dan variasinya sedikit.
  • Burung jalak nias jantan memiliki kepala yang lebih pipih dan berbentuk persegi, serta ada sedikit jambul, lalu jika berkicau, burung jalak nias jantan akan sedikit menganggukkan kepalanya, serta bulu nya akan mengembang. Sedangkan untuk yang betina, memiliki bentuk kepala yang cenderung lonjong dan membundar, serta tidak mengangguk kepala saat berkicau, dan juga, jalak nias betina memiliki tubuh yang tampak agak kusam.
Nah, itulah sedikit informasi mengenai bagaimana cara merawat serta jenis makanan untuk burung jalak nias, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi