Selasa, Maret 26, 2019

Cara Merawat dan Jenis Makanan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor


Jalurpandai - Cara agar burung jalak putih bisa gacor itu harus memperhatikan kualitas makanannya. Burung jalak putih merupakan salah satu burung yang lumayan banyak dipelihara dan sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung kicau atau kicau mania.

Cara Merawat dan Makanan Untuk Burung Jalak Putih

Sesuai namanya, burung ini memiliki warna dominan yaitu berwarna putih, dimana warna dominan ini jika dilihat sangat cantik sekali, dan juga bersih. Oleh karena itu karena warna dan juga kicaunya yang mantap, banyak orang menginginkan untuk memelihara burung ini.

Untuk memelihara burung ini harus lah rajin dalam hal perawatan, karena burung ini memiliki karakteristik yang sangat aktif. Karena jika salah sedikit saja perawatannya, maka bisa membuat burung ini menjadi pendiam atau tidak aktif.

Nah, untuk mengatasi hal ini, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah makanannya. Agar burung jalak putih bisa gacor, anda harus memperhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dari si burung.

Lalu bagaimana sih cara merawat dari burung jalak putih? Dan apa saja jenis makanan burung jalak putih yang di rekomendasikan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Merawat Burung Jalak Putih

Jika anda memiliki burung Jalak Putih, namun masih kecil, maka cara merawatnya harus telaten dan rajin, karena seperti yang sudah saya bahas diatas, burung jalak putih merupakan burung yang sangat aktif, jika perawatannya tidak tepat maka akan membuat burung jalak menjadi stres dan tidak aktif.
Cara Merawat Burung Jalak Putih

Burung jalak putih yang masih kecil atau masih bayi, disarankan untuk mengatur suhu ruangan agar terjaga, bisa dengan menggunakan lampu bohlam 5 watt, setelah itu gunakan kardus atau karton. Fungsinya ialah, untuk menghangatkan suhu dari si burung.

Selain itu, untuk masalah pakan, disarankan untuk menggunakan kroto, caranya adalah cuci kroto menggunakan air bersih, setelah itu berikan pada burung setiap 1-2 jam sekali, dan lakukan setiap hari.

Jika usianya sudah berjalan hingga 1 minggu, maka ubah makanannya menjadi Voer (pur) yang sudah dibasahi dengan air, kenapa harus Voer yang basah? Hal ini agar si burung tidak kesulitan mencerna makanan.

Atau bisa juga dengan mencampurkan Voer dan kroto secara bersamaan, lalu berikan pada burung menggunakan pinset, jika ingin lebih jos lagi, tambah potongan jangkrik agar lebih bernutrisi bagi si burung.

Jika usianya sudah 1 bulan, maka perawatannya akan semakin mudah, karena burung sudah bisa makan sendiri, tanpa harus di suap.

Jenis Makanan Burung Jalak Putih

Makanan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor

Jenis makanan burung jalak putih yang direkomendasikan ada 5 jenis, berikut adalah daftar-daftarnya.

1. Ulat Hongkong

Pakan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor

Jenis makanan yang pertama adalah ulat hongkong, ulat hongkong memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama lemak, kandungan ini bisa membuat burung jalak putih menjadi lebih bertenaga dan fit, namun untuk pemberian pakan menggunakan ulat hongkong disarankan untuk tidak terlalu berlebihan, karena kalau berlebihan bisa membuat burung menjadi lebih gemuk.

2. Voer (Pur)

Pakan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor

Voer atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan pur, merupakan salah satu pakan unggas atau burung yang sangat direkomendasikan, terutama untuk burung jalak putih. Memberi pakan pur pada burung jalak putih sangat bagus karena mengandung nutrisi yang seimbang.

Nutrisi yang terkandung dari jenis pakan ini adalah seperti, vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan juga sedikit lemak, dimana kandungan ini berfungsi agar burung jalak putih menjadi lebih fit, dan juga berstamina.

Selain itu pemilihan pakan voer atau pur juga harus diperhatikan, terutama dalam hal kualitas, carilah pakan voer atau pur yang berkualitas tinggi dan tidak mengandung pengawet ataupun pewarna kimia, dimana jika pur mengandung bahan kimia tersebut, bisa berbahaya bagi kesehatan si burung.

3. Jangkrik

Pakan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor

Lanjut pakan yang wajib diberikan ke burung jalak putih adalah jangkrik, pakan yang satu ini kaya akan protein bagi si burung, dimana pakan ini sangat ampuh untuk meningkatkan tenaga saat sedang berkicau.

Namun untuk pemberiannya jangan terlalu rutin, cukup jadikan makanan pendamping saja, lalu untuk pemberiannya, hilangkan bagian kepala dan kakinya, setelah itu berikan pada burung berupa potongan kecil agar lebih mudah di cerna oleh si burung.

4. Telur Semut Rangrang

Pakan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor

Telur semut rangrang terbukti sangat ampuh untuk membuat burung menjadi rajin gacor, selain itu semut rangrang ini sangat direkomendasikan diberikan pada burung jalak putih ketika sedang dalam perlombaan, agar suara yang dikeluarkan dari si burung menjadi lebih nyaring dan variatif.

Telur semut rangrang atau orang sering menyebutnya dengan kroto memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein, dimana kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan stamina serta suhu dari si burung, agar kicau yang dihasilkan dari burung lebih tinggi.

Untuk cara pemberiannya sama seperti jangkrik, jangan berikan kroto terlalu berlebihan, dan cukup jadikan makanan pendamping saja, karena jika diberikan secara berlebihan, burung akan merasa kekenyangan dan tidak mau berkicau. Untuk kualitas juga jangan lupa untuk diperhatikan, pastikan kroto masih dalam keadaan segar.

5. Buah - Buahan

Pakan Burung Jalak Putih Agar Rajin Gacor

Selain beberapa pakan diatas, perlu juga untuk memberikan buah-buahan agar nutrisi dari burung jalak putih menjadi lebih lengkap. Beberapa buah-buahan yang di rekomendasikan adalah seperti pepaya, apel, dan pir.
Ketiga buah tersebut berfungsi untuk memperlancar sistem metabolisme dan juga pencernaan, sehingga membuat burung menjadi lebih kebal terhadap penyakit, dan menjadikan burung lebih sehat, untuk pemberiannya cukup jadikan makanan pendamping.

Tips dan Trik Seputar Burung Jalak Putih

Diatas saya sudah membahas tentang bagaimana cara perawatan dari burung, hingga pakan apa saja yang direkomendasikan, nah di penghujung artikel ini saya akan memberikan beberapa tips seputar burung jalak putih.

Tips Menjodohkan Jalak Putih

Cara Menjodohkan Burung Jalak Putih

Untuk menjodohkan burung jalak putih, usia minimal adalah 1.5 tahun untuk jantan, dan 1 tahun untuk betina, cara penjodohannya sangat mudah, cukup dekatkan kedua sangkar antara betina dan juga jantan, dan lihatlah respon dari kedua burung tersebut, jika menurut anda sudah cocok, maka gabungkan kedua burung tersebut kedalam satu sangkar.

Dalam urusan perjodohan burung, kita harus mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina, lalu bagaimana cara membedakannya?

Perbedaan Burung Jalak Putih Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Jalak Putih Jantan dan Betina

Untuk membedakan mana burung jalak putih jantan dan betina sangatlah mudah, berikut adalah beberapa ciri-cirinya.
  • Burung jalak putih jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar, hal itu terlihat dari kepala hingga postur tubuh yang lebih tinggi, serta berdirinya yang tegak, sedangkan betina sebaliknya.
  • Burung jalak putih yang jantan, lebih sensitif ketika dipegang, jadi saat dipegang akan mengeluarkan suara kicau ngekek.
  • Untuk burung jalak jantan memiliki warna kulit yang lebih pekat dan tegas di sekitar matanya, sedangkan untuk betina lebih pudar.
  • Area kulit di sekitar kloaka burung jalak putih jantan akan terlihat biru-keunguan, hal ini bisa terlihat ketika sudah berumur 1 hingga 1.5 tahun, sedangkan untuk betina akan terlihat warna putih-kemerahan.
Nah itulah beberapa tips dan trik cara merawat burung jalak putih, serta jenis pakan-pakannya agar burung jalak putih bisa rajin gacor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi