Sabtu, April 13, 2019

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online (Lengkap)


Fonetekno - SPT merupakan sebuah surat pemberitahuan atau laporan pajak, dimana kita harus memberitahukannya ke pemerintah. Saat ini untuk melaporkan SPT tahunan bisa dilakukan dengan cara online, yaitu menggunakan sistem e-Filing. Dengan adanya cara ini, kita bisa melaporkan SPT tahunan kapanpun dan dimanapun tanpa harus antri, atau panas-panasan ke kantor Pelayanan Pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online

Lalu apa sih kelebihannya jika kita melaporkan SPT Tahunan secara online? Dan apakah aman? Ada banyak sekali kelebihan jika kita melaporkan SPT tahunan secara online, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya keterlambatan pelaporan, karena jika kita menggunakan fitur e-Filing pajak, kita bisa melakukannya secara tepat waktu dan real time.

Selain itu kita juga bisa menghemat biaya operasional, dan juga waktu, karena kita tidak perlu bolak-balik ke kantor pelayanan pajak, walaupun pemerintah sudah menyediakan fitur ini secara luas, namun masih banyak orang yang belum tahu atau belum paham bagaimana cara melaporkan SPT tahunan secara online.

Nah, jika kalian belum biasa melaporkan SPT Tahunan dengan cara online, mungkin akan sangat membingungkan, oleh karena itu biar tidak bingung, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan juga di persiapkan. Salah satu yang perlu diketahui sebelum melakukan pelaporan pajak secara online yaitu, data SPT yang dimiliki harus dalam keadaan bentuk elektronik, nah untuk merubahnya harus menggunakan aplikasi e-SPT.

Selanjutnya, sebelum menggunakan layanan e-Filing SPT Tahunan, pastikan kamu sudah melakukan aktifasi EFIN (Electronic Filing Identification Number), aktifasi ini bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak tempat pertama kali mendaftar, EFIN adalah nomor identitas digital yang diterbitkan langsung oleh Dirjen Pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara lapor SPT Tahunan Badan secara online, berikut adalah dasar hukum cara lapor SPT Tahunan Online Badan.

Dasar Hukum Lapor SPT Tahunan Badan Online

Dirjen pajak menerapkan aturan wajib eFiling bagi setiap pelaporan SPT Tahunan Badan, dan wajib untuk pajak tertentu, demikian juga untuk penetapan saluran resmi eFiling pajak yang sudah menjadi mitra resmi Dirjen Pajak

Peraturan dan Kewajiban e-Filing SPT Tahunan Badan.

Pada PENG-04/PJ.09/2016 dirjen pajak menetapkan sebuah peraturan yang berbunyi, yaitu kewajiban pelaporan pajak secara elektronik bagi para pengusaha kena pajak pengguna e-Faktur, bahwa wajib pajak badan yang telah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak (pengusaha maupun perusahaan yang omset nya diatas Rp.4.8 miliar) yang membuat e-Faktur wajib melakukan proses e-Filing SPT tahunan PPh Badan.

Dasar Hukum e-Filing Pajak Online

e-Filing adalah salah satu aplikasi resmi yang telah disahkan dan diresmikan oleh Dirjen pajak, dengan begitu maka terdapat kekuatan hukum yang menjamin bahwa pelaporan pajak perusahaan benar-benar disalurkan ke Dirjen Pajak.

Cara Daftar EFIN Guna Persyaratan e-Filing

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pelaporan pajak adalah kamu harus mendapatkan EFIN pajak terlebih dahulu, pertama kamu harus mengunjungi kantor pelayanan pajak yang sudah terdaftar, setelah itu ajukan permohonan aktivasi EFIN Pajak, selain itu perlu diingat bahwa pemohon hanya bisa diajukan oleh pengurus, dan tidak bisa diwakilkan.
  • Jika kamu sudah mendapatkan EFIN, maka tugas selanjutnya yaitu melakukan proses aktivasi.
  • Untuk aktivasi kunjungi situs resmi Dirjen Pajak, kemudian isikan NPWP dan nomor EFIN yang sudah didapatkan.
  • Lanjut nanti kamu akan dialihkan ke halaman yang didalamannya sudah terdapat nama wajib pajak, dan sudah otomatis terisi, agar tidak ada kekeliruan, disarankan untuk mengecek kembali informasi yang tertera apakah sudah sesuai apa belum.
  • Selanjutnya, lakukan registrasi dengan cara mengisi alamat email aktif dan nomor ponsel, selanjutnya buat password dengan kombinasi huruf dan angka, hal ini bertujuan agar password bisa lebih kuat, lalu klik simpan.
  • Lanjut silahkan cek email, lalu klik link tautan dari Dirjen Pajak, fungsinya untuk mengaktivasi akun.
  • Jika sudah maka proes selesai, dan ikuti cara berikut untuk memulai proses pelaporan pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online

Sudah melakukan proses aktivasi EFIN Pajak, maka langkah selanjutnya adalah melakukan e-Filing SPT Tahunan Online Badan, untuk wajib pajak badan, ada sebuah formulir SPT 1771 serta lampirannya yang harus di isi dan dilengkapi.
Sebelum melakukan e--Filling SPT tahunan badan online, baik itu status pembayaran nihil, kurang, ataupun lebih, maka wajib pajak harus mengunggah dokumen-dokumen yang sesuai dengan PER-01/PJ/2017 seperti berikut ini.
  • SPT 1771.
  • Laporan keuangan.
  • Perhitungan perbedaan bruto pembayaran (Terkhusus Wajib Pajak PP46)
  • Laporan Debt to Equity Ratio beserta utang swasta luar negeri (Dikhususkan untuk wajib pajak PT yang membebankan hutang).
  • Dokumen induk & Dokumen Lokal (Khusus untuk wajib pajak dengan transaksi hubungan istimewa).
  • Laporan penyampaian CBCR Country oleh country report.
Selain itu ada beberap dokumen yang boleh dilampirkan jika ada, seperti.
  • Dafnom Biaya Entertainment.
  • Dafnom Biaya Promosi.
  • Terkhusus untuk Wajib Pajak Migas, harus menyertakan laporan Tahunan Penerimaan negara dari minyak ataupun gas bumi.
  • Terkhusus untuk Badan Usaha Tetap : SSP PPph Pasal 26 (4), pemberitahuan mengenai bentuk penanaman modal, laporan keuangan konsolidasi ataupun kombinasi.

Cara Lapor SPT Tahunan Online melalui e-Filing


  • Masuk dulu ke akun e-FIling di situs resmi Direktoraj Jenderal Pajak.
  • Lalu di halaman tersebut e-Filing > Buat SPT.
  • Jika sudah jawab pertanyaan yang diberikan dengan tepat, agar sistem bisa menentukan jenis SPT mana yang sesuai.
  • Lengkapi formulir dan jawab pertanyaan yang diberikan.
  • Lanjut masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui alamat email yang sudah terdaftar.
  • Lanjut proses pelaporan ini akan selesai jika mengklik Kirim SPT.
Nah, itulah tata cara bagaimana melapor SPT tahunan badan secara online, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.


Artikel Terkait

Postingan Baru


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi