Kamis, April 04, 2019

Contoh Pidato Bahasa Lampung Tentang Lingkungan Beserta Artinya


Jalurpandai - Tugas pidato bahasa lampung sering sekali diberikan kepada anak, SD, SMP maupun SMA  khususnya di daerah lampung. Memberikan tugas pidato bahasa lampung biasanya bertujuan untuk ikut melestarikan budaya dan juga bahasa lampung, sekaligus memberikan pembelajaran tentang makna dari Pidato yang mereka baca.

Pidato Bahasa Lampung Tentang Lingkungan

Banyak anak sekolah yang mencari pidato bahasa lampung, terutama pidato bahasa lampung tentang lingkungan, biasanya mereka akan membacakan pidato tersebut ke depan kelas, lalu guru akan memberi penilaian.

Nah, berikut ini saya akan memberikan contoh pidato bahasa lampung tentang lingkungan yang ber dialek "O" beserta artinya.

Pidato Bahasa Lampung Tentang Lingkungan Dialek "O"

Bahasa Lampung.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tabik Pun
Selamat tukuk,bapak jama ibu sai ikam hormati.
Dija Ikam sebagai ketua RW di Kappung inji ngucapko puji syukur jama Tuhan Sai Maha Esa atas izinni gham dapok kuppul dija.

Ikam munih Neghima nihan ulih bapak jama ibu dapok ghatong dija.
Keghatongan ikam dija haga ngingokko betapa pentingni gham ngejaga kebersihan lingkunganni gham.

Khususni nyin penyakik demam berdarah sai lagi musim di lingkunganni gham. Penyakik hina disebabko ulih mak bersihni lingkungan. Ulih jak hina Ikam haga nyin bapak Ibu sai dija teghus memperhatiko kebersihan lingkungan gham. Hina gham lakuko nyin penyakik mak kena di masyarakat.

Lapah gham guwaiko 3M, yaitu menimbun kaling-kaling bekas,  menguras bak mandi, menutup ghang nappung wai. Sapa lagi sai haga ngejaga likkungan gham ki mak gham.
Balak haghapan ikam supaya hal hina dapok jadi peghhatian gham saunyinni. Ikam munih kilu mahhap kalau dilom nyappaiko hijo Ikam wat kekughangan.
Ikah Hina sai dapok Ikam sappaiko. Teghima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Artinya dalam Bahasa Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam
Selamat pagi, bapak dan juga ibu yang saya hormati.
Disini saya sebagai ketua RW di kampung ini mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha Esa, atasu rahmat dan hidayatnya kita dapat kumpul disini.

Saya juga sangat berterimakasih karena bapak dan juga ibu bersedia datang kesini.
Kedatangan saya disini ingin mengingatkan betapa pentingnya kita menjaga kebersihan lingkungan kita.

Khususnya dengan adanya penyakit demam berdarah yang lagi musim di lingkungan kita. Penyakit ini disebabkan karena kita yang tidak membersihkan lingkungan. Maka dari itu kita dan juga bapak ibu semua yang disini harus memperhatikan kebersihan lingkungan kita. Ini saya lakukan agar penyakit tidak kena ke masyarakat.

Jalan yang bisa kita lakukan yaitu 3M, yaitu menimbung kaleng-kaleng bekas, menguras bak mandi, menutup penampungan air. Siapa lagi yang bisa menjaga lingkungan selain kita semua. Besar harapan saya supaya hal ini dapat jadi perhatian kita semua, saya juga minta maaf jika banyak kekurangan dalam menyampaikan. Ini saja yang bisa saya sampaikan saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga:


Nah, itulah contoh pidato bahasa lampung tentang lingkungan beserta artinya, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk komentar jika ada pertanyaan.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi