Kamis, Mei 16, 2019

2 Cara Lapor SPT Tahunan Untuk Guru (Offline dan Online)


Jalurpandai - Jika anda berprofesi sebagai seorang guru, tentu sudah tidak asing lagi dengan email masuk dari Direktorat Jenderal Pajak. Isi dari pesan tersebut adalah hanya sebagai pengingat bahwa anda harus segera untuk melaporkan SPT Tahunan anda.

Cara Lapor SPT Tahunan Guru

Biasanya dalam surat tersebut ada batas waktu untuk melaporkan SPT baik itu di tahun 2019, 2020, 2021 dan seterusnya. Karena jika terlambat sedikit saja, maka akan ada denda yang harus bapak ibu bayar. Selain membayar denda anda juga tetap harus membayar SPT tahunan.

Mengapa sih seorang guru harus melaporkan SPT tahunan nya? Berikut adalah alasannya.

Fungsi Dari SPT Tahunan

Cara Lapor SPT Tahunan Guru

SPT Thunan pajak penghasilan merupakan hal yang wajib dilaporkan, biasanya banyak orang tidak menganggap hal ini sebagai hal yang penting, karena mereka sudah berasumsi bahwa setiap bulannya, ada pembayaran pajak dari gaji, padahal masalahnya tidak hanya disitu saja.

SPT Tahunan apalagi untuk seorang guru sangatlah penting, karena hal ini sebagai sarana untuk menghitung jumlah pajak yang sesungguhnya. Berikut adalah beberapa poin yang harus dilaporkan dalam SPT untuk guru:
  • Merekap ulang besaran pajak yang telah dipotong bendahara dari gaji yang diterima.
  • Melaporkan besaran pajak yang sudah disetor serta melaporkan pekerjaan sampingan.
  • Melaporkan harta kekayaan yang dimiliki.
Nah, untuk melaporkan SPT tahunan untuk guru, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Melaporkan secara online melalui fitur E-Filling di situs https://djponline.pajak.go.id.
  2. Datang langsung ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) atau KP2KP (Kantor Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan) tempat pertama kali anda mendaftar.
  3. Melalui kurir atau POS.

Cara Lapor SPT Tahunan Untuk Guru

Dalam pelaporan SPT tahunan, Direktorat Jenderal Pajak telah memberikan kemudahan, hal ini dibuktikan dengan adanya 2 metode pelaporan, yaitu secara online dan juga melapor secara langsung ke kantor pelayanan pajak.
Berikut ini saya berikan tutorial bagaimana cara melaporkan SPT tahunan via online, maupun secara langsung ke kantor pelayanan pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online

Ada 6 langkah yang harus kita lakukan untuk melaporkan SPT tahunan.
  • Pertama siapan dokumen Bukti Potong 1721 A2 dan juga Nomor NPWP.
  • Selanjutnya silahkan buka situs https://djponline.pajak.go.id.
  • Selanjutnya masukkan NPWP, Password dan juga kode Captcha, lanjut klik login.
  • Jika sudah masuk, klik form 1770SS jika total penghasilan 1tahun kurang dari 60 juta.
  • Atau bisa juga klik form 1770S untuk total penghasilan 1tahun lebih dari 60 juta.

Cara Lapor SPT Tahunan Secara Offline

Jika dirasa melapor SPT tahunan secara online terlalu sulit, maka anda bisa melaporkan SPT tahunan secara langsung dengan mendatangi kantor pelayanan pajak, dan berikut adalah hal yang harus dipersiapkan.
  • Bukti Potong 1721 A2 (didapat dari bendahara gaji), setelah itu jangan lupa untuk mencatat nomor NPWP serta lampirkan KTP.
  • Lanjut datang ke Kantor Pelayanan Pajak tempat pertama kali mendaftar.
  • Jika sudah tanyakan langsung ke satpam, nanti akan diberikan nomor antrean.
  • Lanjut sampaikan ke petugas terkait untuk melaporkan SPT, jangan lupa tunjukkan dokumennya.
  • Nanti, anda akan disuruh untuk mengisi formulir 1700SS jika dalam 1 tahun penghasilannya kurang dari 60 juta dan 1700S jika dalam 1 tahun penghasilannya lebih dari 60 juta.
  • Setelah itu tunggu hingga prosesnya selesai.
Nah, itulah beberapa langkah bagaimana cara lapor SPT tahunan untuk guru, baik itu secara online maupun secara langsung ke kantor pelayanan pajak, jangan ragu untuk bertanya ke petugas jika ingin mengetahui informasi lainnya.


Artikel Terkait


Silahkan berkomentar dikolom bawah ini, dan pastikan berkomentar dengan bahasa yang SOPAN supaya akan kami balas pertanyaan Anda dengan cepat. Klik Disini Untuk Buka EmoticonTutup Lagi